Sanghyang Heuleut

Untuk Yang Suka Sama Tempat Wisata Alam Yang Unik, Terdapat Satu Danau Cantik Yang Dapat Dikunjungi Di Danau Sanghyang Heuleut Bandung. Danau Ini Memp
Nikmati Kota Bandung memang tidaklah ada habisnya. Ada beberapa hal yang dapat kita rasakan di area ini. Daya pikat alamnya yang mengagumkan membuat beberapa Teman dekat Udin yang menunjuk lokasi ini jadi satu diantara tempat buat habiskan waktu bersama dengan keluarga, kawan, sobat, serta orang yang disayangi.

Sanghyang Heuleut


Bandung bukan sekedar tenar bernama kawah putih saja, atau jalan braga yang penuh akan sejarah. Ibu Kota Jawa Barat ini miliki suatu surga terselinap. Juga, kecantikan surga ini udah ada sejak mulai era purbakala. Menarik khan? Ada yang sudah ketahui, di mana tempatnya?

Sanghyang Heuleut tempat amat esoktis di Bandung yang dapat jadi suatu alernatif buat menyingkirkan semua letih serta kegiatan rutin yang berasa menusuk. Tempat ini sesuatu danau kecil dengan warna airnya yang biru yang jernih. Banyak titik spot photo yang dapat digunakan buat ambil gambar dan photo.

Apa yang memikat di Sanghyang Heuleut?

Sanghyang Heuleut sesuatu danau yang mengucur di atas arus sungai citarum purba. Satu diantara danau purba yang skema batu-batuannya dapat disaksikan secara langsung. Antiknya kembali, banyak penduduk yang yakin jika tempat ini digunakan buat mandi banyak bidadari. Seperti narasi rakyat yang berkembang di tanah sunda.

Makna dari Sanghyang Heuleut sendiri terdiri dari 2 kata yakni, Sanghyang memiliki arti tempat suci. Lantas, Heuleut berarti waktu atau selang.

Ada sekitaran 3 Sanghyang yang dapat dicicip di lokasi ini. Ke-3 nya memilki daya pikat serta peran yang berlainan. Begitupula dengan narasi dogma yang berkembang deras di kelompok penduduk sekitar. Dogma yang terus diyakini serta dijaga kuat jadi suatu keanekaan budaya yang lumayan menarik buat disimak.

Disamping, Sanghyang Heuleut, masihlah ada Sanghyang tikoro. Di mana Tikoro miliki makna tenggorokan. Nach, menurut narasi banyak penduduk, Sanghyang ini yang disebut tempat lenyapnya air danau purba bandung secara rahasia. Juga, mistis ini hingga sekarang ini tidak dapat terjawab.

Nama Tikoro atau tenggorokan memang tidaklah berlebihan. Karena, arus air ini masuk dalam suatu daerah yang gelap. Seperti suatu tenggorokan, lebih pasnya seperti suatu goa yang memikat untuk dijelajahi. Kabarnya kembali nih, menurut banyak sesepuh dusun, Sanghyang inilah sebagai cikal bakalan dari terciptanya Bandung.

Masih menurut narasi banyak sesepuh, dalam tempat ini kelak Bandung akan tenggelam. Tempat ini juga yang umum didatangi oleh Dayang Sumbi buat mandi.

Tempat Goa ini ada di dalam dekat PLTA. Teman dekat udin yang ingin tahu serta ingin lihat kecantikan goa. Langsung dapat saja menuruni tangga yang udah di sediakan. Sesudah sampai di halaman goa dibawahnyalah, Teman dekat udin akan disajikan dengan panorama yang menakjubkan Sanghyang Tikoro, walau terletak sedikit terselinap.

Sanghyang Heuleut PLTA Saguling

Nach, antara goa ini ada dua tebing yang tinggi, tebing ini merintangi kubangan gunung purba. Dari tebing penghambat ini yakni percakapan dua pucuk yakni pasir kiara dengan tinggi 732 mdpl, serta Pucuk Melarang dengan tinggi 850 mdpl.

Lantas, Sanghyang Poek. Goa purbakala di Bandung yang mempunyai daya pikat aduhai didalamnya. Goa ini seperti suatu sela serta terdesak tebing yang cukup tinggi. Saluran sungai ketujuan goa ini condong konstan dan tenang. Di goa dihias batu-batuan-bebatuan besar.

Treknya yang membahagiakan membuat beberapa Teman dekat udin yang menyenggangkan waktu buat masuk ke goa. Tapi, harus berwaspada serta terus menyelaraskan dengan situasi jalan karena, situasi batu-batuan yang berdiri dan miring. Hingga, sedikit menyusahkan Teman dekat udin.

Jalan perlahan-lahan sampai mendapati 3 lorong yang berbeda. Kalau, ingin nikmati lebih dalam Sanghyang Poek. Teman dekat udin dapat menunjuk lajur yang ada di dalam tengah. Teman dekat udin yang ingin menikmatinya direkomendasikan bawa lampu senter atau pencahayaan. Karena, di dalam gua ini betul-betul gelap. Direkomendasikan juga tak boleh aneh-aneh supaya tidak berlangsung apa-apa.

Di kitaran lokasi sudahlah banyak berdiri beberapa warung yang siapkan semua kepentingan Teman dekat udin . Sehingga tak boleh ketakutan bertandang ke arah tempat ini tapi, lupa bawa atau perbekalan yang udah habis. Teman dekat udin dapat memakai warung ini pada harga yang bersahabat.

Direkomendasikan untuk Teman dekat udin yang ingin bertandang ke arah tempat ini. Hadirlah di musim kemarau. Atau musim pancaroba. Kalau, tiba waktu musim hujan, air-air ini akan kelihatan kotor, ditambah lagi jalanan yang wajib dilewati cukup sulit dan licin.

Saat yang cocok datang lokasi ini yakni pagi hari saat siang. Lokasi ini masih alami dengan bermacam jenis pohon-pohonan, jadi Teman dekat udin diinginkan tidak untuk pulang terlampau terlarut karena, jalanan akan gelap serta situasi itu cukup berbahaya.

Alamat Serta Jurusan Tempat

Alamat Lokasi ini ada di dalam Rajamandala Kulon, Cipatat. Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. lebih pasnya tempat lokasi tamasya ini ada di dalam tepian di antara Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur serta Kabupaten Purwakarta. Saat yang harus dicapai buat meniti lokasi ini kira-kira 1,5 jam.

Perjalanan dapat diawali dari Kota Bandung. Teman dekat udin dapat targetkan kendaraan ketujuan Jalan Raya Bandung - Cianjur. Lantas, masuk ke gerbang waduk saguling, yang ada di dalam segi kiri jalan dengan kontur Jalanan yang berkelok-kelok. Disini Teman dekat udin akan melintasi Sanghyang Tikoro. Selesai melintasi lokasi ini, sekitaran 200 mtr., Teman dekat udin akan bersua dengan gerbang masuk lokasi ini serta suatu pos serta warung yang disebut titik awal mula perjalanan.

Disini teman dekat udin dapat meniti perjalanan di jalan kaki yang kira-kira memakan banyak waktu 2 jam. Sehingga persiapkan seluruhnya bekal serta fisik ya Teman dekat udin.

Berapakah Harga Tiketnya?

Harga Ticket Masuk lokasi ini lumayan murah cukup dengan 10 ribu rupiah saja. Ditambah lagi dengan cost parkir motor sejumlah 5 ribu rupiah serta buat mobil senilai 10 ribu rupiah. Harga yang sesuai apa yang bisa dihidangkan dari lokasi tamasya ini.

Untuk Teman dekat udin yang perlu pemandu buat temani perjalanan sepanjang ada d lokasi ini. Banyak penduduk udah siapkan layanan pemandu pada harga 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Tinggal bagaimana Teman dekat udin menawarnya. Pemandu ini akan temani Teman dekat udin telusuri tiap-tiap pojok Sanghyang Heuleut.

Ingin berenang serta rasakan kesegaran dari danau Sanghyang tapi, tidak dapat berenang? Teman dekat udin dapat sewa pelampung pada harga yang cukup berkawan cukup dengan 20 ribu rupiah saja. Teman dekat udin dapat nikmati air yang ada di dalam lokasi ini.

Teman dekat udin dapat nikmati lokasi ini dimulai dengan waktu 8 pagi sampai waktu 4 sore, Saat yang lumayan panjang buat santai, nikmati lokasi ini dengan bermacam jenis photo serta fragmen gambar yang pasti akan tinggalkan suatu kenangan.

Sanghyang Heuleut yakni lokasi di Bandung dengan bermacam jenis dogma yang berkembang. Tidak tahu betul atau mungkin tidak, dogma ini jadi suatu daya magnet tersendiri. Marilah mengajak keluarga buat nikmati tempat mandinya banyak bidadari kahyangan. Siapa yang tahu berbicara dengan jodohmu disini.
LihatTutupKomentar