Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo Memiliki Sejarah Yang Panjang, Yaitu Tahun 1966. Tempat Wisata Edukasi Di Bandung Timur Ini Memiliki Balai Bermain Dan Bengkel Ala
Saung Angklung Udjo yang memulai berdiri tahun 1966, sebagai tujuan wisata dan pembelajaran berkenaan budaya Sunda. Komplet dengan bale atraksi, bermacam kerajinan bambu, dan workshop mengenai alat musik dari bambu.

Mendatangkan nuansa fresh dan asri di teritori Bandung Timur, jadikan tempat ini benar-benar pas untuk dinikmati. Mempunyai kekhasan komponen interior yang dikuasai bambu, daya tarik panorama dan dekor, dan bunyi gemerincing suara alat musik dari bambu yang memvisualisasikan keserasian antara alam dan budaya.

Saung Angklung Udjo

Saung ini dibangun oleh figur yang dikenali sebagai Udjo Ngalagena (Mang Udjo) bersama istrinya. Arah dibuat tempat ini adalah untuk melestarikan budaya dan seni tradisionil ciri khas Sunda.
Mang Udjo sendiri sebagai seniman angklung dari Jawa Barat, yang lahir di 5 Maret 1929. Beliau sudah dekat dengan kesenian angklung semenjak berumur empat tahun, karena tersebut Mang Udjo membangun tempat ini karena kesenangannya pada alat musik bambu itu.

Sesudah Mang Udjo meninggal dunia, karena itu Saung Angklung Udjo tak serta berhenti demikian saja. Saat hidupnya, beliau memiliki 10 orang anak yang sampai sekarang ini melanjutkan tapak jejak ayahnya untuk melestarikan budaya Sunda.

Saung Angklung Udjo tetap berdiri untuk mendidik pengunjung mengenai seni dan budaya ciri khas Sunda. Di situ, pengunjung akan disuguhi dengan keasrian lingkungan sambil coba alat musik angklung.

Harga Ticket Saung Angklung Udjo

Harga ticket Saung Angklung Udjo tidak berlainan untuk hari biasa atau akhir pekan. Biaya tersebut terhitung dapat dijangkau untuk dapat nikmati keelokan alam sekalian pembelajaran akan budaya.

Harga Ticket Saung Angklung Udjo

  • Ticket Masuk Dewasa Domestik Rp85.000
  • Ticket Masuk Anak Lokal (3-11 Tahun) Rp60.000
  • Ticket Masuk Wisman Dewasa Rp120.000
  • Ticket Masuk Wisman Anak (3-11 Tahun) Rp85.000
  • Ticket Masuk Pelajar Rp60.000
Anak umur tiga tahun ke atas berlaku harga ticket normal.

Jam Operasional Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo membuka tiap hari yakni dari hari Senin sampai Minggu membuka dari pagi sampai sore hari. Ada juga pertunjukan kesenian dan kebudayaan Sunda yang tiap hari diperlihatkan pada jam 15.30 WIB. Pertunjukan itu akan dipisah jadi 3 sesion yang dapat dicicipi oleh pengunjung.

Agenda Perlihatkan

  • Jam Perlihatkan 10.00, 13.00, 15.30
  • Jam Operasional 08.00 - 17.00 WIB

Kegiatan Di Saung Angklung Udjo

Banyak kegiatan mendidik yang dapat dilaksanakan di Saung Angklung Udjo Bandung. Aktivitas yang intinya mempunyai tujuan mempopulerkan budaya Sunda dan alat musik angklung. Berikut sejumlah kegiatan yang dapat dilaksanakan saat bertandang ke sini.

1. Wayang Golek

Wayang golek ialah drama boneka kayu ciri khas Sunda yang komplet dengan kostumnya. Atraksi ini biasa diperlihatkan pada sesion pembukaan pada semua pertunjukan yang diselenggarakan tiap harinya.
Di akhir drama umumnya disembunyikan pesan kepribadian yang bisa diambil beberapa pengunjung. Durasi waktu tindakan wayang golek berjalan sekitaran 10 sampai 20 menit yang hendak dihubung dengan pertunjukan selanjutnya.

2. Helaran

Pertunjukan ini umumnya diselenggarakan pada upacara khitanan dan upacara panen padi. Helaran mempunyai arah untuk melipur dan mengutarakan sukur, karena itu musik pada helaran umumnya memiliki sifat semangat dan ria.
Di atraksi ini ada bermacam tarian Sunda sekalian menyanyi dengan lagu ciri khas Sunda. Disamping itu ada pula atraksi musik angklung yang dipentaskan oleh anak-anak didik di sini.

3. Tari Kedok

Tarian ini terhitung dalam panggung atraksi yang didatangkan teratur tiap hari. Cerita tari kedok bermula dari pembawa informasi dari Majapahit yang menyelidik keadaan Kerajaan Blambangan.
Dalam tarian itu, seorang penari berperanan sebagai pembawa informasi yang menyaru memakai kedok. Kedok itu dipakai supaya si penari seperti terlihat seorang pria yang gagah buat menantang Prabu Menakjingga.

4. Angklung Orkestra

Pada pertunjukan ini, angklung akan dimainkan bersama oleh beberapa pementas hingga hasilkan suara yang cantik. Suara alunan musik itu akan diimbangi dengan tarian Jawa Barat yang lentur.
Perlihatkan orkestra angklung
Lagu yang hendak ditampilkan dengan alat musik angklung di panggung ini ibarat Balonku, Twinkle Twinkle Little Star, sampai lagu dangdut atau lagu wilayah. Pengunjung akan dibikin takjub dengan kombinasi musik dan tarian Jawa Barat yang menambahkan kental budaya Sunda.

5. Bermain Angklung Bersama

Pengunjung akan dibawa bermain angklung bersama oleh anak-anak didikan Saung Angklung Udjo pada sesion ini. Nanti, tiap pengunjung akan dipinjam sebuah angklung buat dimainkan dengan ikuti aba-aba.
Angklung digoyangkankan saat dirigen memberi code dengan gerakkan tangannya. Saat sebelum bermain angklung bersama, pengunjung akan diberikan dulu bagaimanakah cara membunyikan angklung yang betul.

6. Menari Bersama

Pada sesion ini, pengunjung dibawa untuk menari tarian tradisionil ciri khas Jawa Barat. Pengunjung bisa ikuti pergerakan tari yang dilakukan oleh beberapa penari.
Aktivitas ini terang mendidik terutamanya untuk anak-anak untuk memperkenalkannya pada budaya Sunda. Aktivitas ini benar-benar membahagiakan karena disertai musik yang ria. Pertunjukan ini umumnya ada di sesion paling akhir di agenda atraksi tiap hari.

7. Rekreasi Kulineran Dapoer Angklung

Pengunjung bisa nikmati bermacam macam kulineran yang berada di Dapoer Angklung. Makanan yang ditawarkan di situ bervariatif seperti batagor dan siomay ciri khas Bandung. Ada juga menu makanan western yang rasanya tidak kalah sedap dan nikmat. Harga juga termasuk cukuplah dapat dijangkau untuk dicicipi dengan keluarga.

8. Berbelanja Souvenir

Ada ruang khusus yang disiapkan untuk pengunjung yang berisi bermacam souvenir ciri khas Sunda. Bermacam souvenir yang ditawarkan pada ruang ini ibarat gantungan kunci, kipas, kaus, gelang, sandal, tas, sampai tiruan angklung.
Harga yang dibandrol untuk sebuah benda di sini juga lumayan murah dapat dijangkau dan semarak. Pengunjung bisa menemui bermacam souvenir ini di dekat loket pemasaran tiket.

9. Foto-Foto

Karena kelestarian dan keasrian alam yang disuguhi, Saung Angklung Udjo bisa menjadi spot berpose yang bagus. Pengunjung dapat nikmati lingkungannya yang sejuk sekalian ambil gambar.
Sebagian besar tempat dipenuhi oleh pohon bambu yang gemerisik saat dipanggil angin. Keadaan di situ akan bawa pengunjung nikmati situasi adat perdesaan yang tidak terlupakan.

10. Menyanyi Bersama

Diimbangi dengan aktivitas mainkan alat musik angklung bersama, pengunjung akan dibawa untuk menyanyi bersama. Lagu yang ditampilkan bervariatif seperti lagu anak-anak sampai lagu wilayah.
Aktivitas ini benar-benar melipur karena jadikan pengunjung lebih aktif dan menyukai budaya Sunda. Disamping itu, menjadi sebuah selingan sekalian pembelajaran untuk pengunjung terutamanya anak-anak.

Sarana Di Saung Angklung Udjo

Rekreasi ini diperlengkapi dengan bermacam sarana seperti Buruan Sari Asih yang berperan untuk tempat santai nikmati situasi Sunda. Lantas ada Sentral Penerangan Kehutanan sebagai unit aktivitas untuk memberi penerangan memiara pohon dan berperan pada lingkungan.
Disamping itu ada Bale Karesemen yang dipakai sebagai tempat bergabung dan tempat untuk atraksi seni. Dan Pusat Produksi Angklung yang memungkinkannya pengunjung menyaksikan proses pembikinan angklung dengan kualitas terbaik secara langsung.

Jalur Angkutan Umum Ke Saung Angklung Udjo

Tempat ini cuma dilalui oleh satu transportasi umum yang dapat dijangkau oleh pengunjung. Lokasi Saung Angklung Udjo bisa dicapai memakai transportasi umum nomor 06 dengan jalur Cicaheum-Ciroyom, lalu turun di perempatan Padasuka.
Dari perempatan Padasuka, pengunjung bisa ke arah lokasi dengan jalan kaki sepanjang 500 meter. Atau bila ingin, pengunjung bisa memakai jasa ojek untuk masuk sampai ke gerbang Saung Angklung Udjo.

Alamat Dan Contact Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo berada di Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192. Terletak tidak begitu jauh dari pusat Kota Bandung. Contact yang bisa dikontak untuk kepentingan tertentu di nomor (022)7271714 dan (022)7101736. Atau lewat e-mail info@angklung-udjo.co.id atau Instagram di @angklungudjo.
LihatTutupKomentar